Belajar Meditasi - Part 3 : Ketiduran Saat Bermeditasi?

 Melanjutkan topik mengenai meditasi di postingan terakhir, sekarang saya ingin membahas masalah yang dihadapi rata-rata meditator pemula, yakni ketiduran saat meditasi. 

Ketiduran saat meditasi biasa terjadi pada banyak meditator, dari meditator pemula maupun yang sudah berpengalaman. Saya bahkan pernah bersama-sama bermeditasi dengan seorang Bikkhu, dan saya melihat beliau pun terkantuk-kantuk di tengah meditasi. Ada beberapa penyebab mengapa kita ketiduran saat meditasi :

1. Badan terlalu lelah dan kurang tidur

2. Posisi meditasi terlalu nyaman

Badan yang terlalu lelah setelah beraktifitas membuat otak butuh beristirahat. Secara otomatis, tidur merupakan sistem charging tubuh setelah energi terkuras. Sama seperti handphone, jika baterai sudah hampir habis, satu satunya cara untuk mengembalikan daya adalah dicharge. Walau anda mau menggunakan aplikasi penghemat baterai sekalipun, baterai anda tidak akan bertahan lama. Sama seperti tubuh kita yang memiliki sistem kerja otomatis. Jika tubuh lelah dan butuh mengembalikan energi, maka tidur adalah solusi satu satunya. Maka jika tubuh anda lelah, lebih baik jangan memaksakan bermeditasi. Mengikuti apa kebutuhan tubuh juga sebuah meditasi. Anda tahu kebutuhan tubuh anda, dan anda mengikutinya. Toh meditasi bukan kegiatan rutin wajib seperti berangkat ke kantor. Meditasi yang baik justru dilakukan saat badan fit. Maka jika badan anda lelah, tidurlah terlebih dahulu. Setelah bangun dan merasa fit, barulah anda bisa bermeditasi. 

Kedua, anda harus membuat diri anda nyaman, namun jangan juga terlalu nyaman. Jangan mengkondisikan sesuatu yang menyebabkan anda bisa lelap tertidur. Itulah mengapa salah satu fungsi menegakkan tulang belakang, selain untuk melancarkan jalur energi di tulang belakang, posisi tulang belakang tegak namun rilek juga akan mencegah anda tertidur saat meditasi. Memang posisi yang disarankan untuk berlatih meditasi juga hanya duduk bersila (apapun posisinya) dan duduk di kursi. Tidak disarankan bermeditasi sambil bersandar di sandaran kursi, apalagi kursi anda adalah kursi empuk bersandaran tinggi. Hal itu akan membuat anda terlalu nyaman dan tertidur. Tidak disarankan pula bermeditasi sambil tiduran, karena hal itu juga akan membuat anda mudah terlelap. Namun jika anda sudah berpengalaman, anda baru bisa bermeditasi sambil tiduran. Bahkan ada teknik meditasi tidur, dimana anda tetap berkesadaran saat anda tidur. Jadi saat tertidur, anda tahu jika anda tertidur. Namun teknik ini sangat sulit dipelajari jika anda belum berpengalaman.

Jadi sebelum memulai meditasi, persiapkan vitalitas tubuh anda. Jika anda terbiasa bermeditasi malam hari, saran saya tidur terlebih dahulu. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh anda yang butuh beristirahat, hal itu juga akan membantu anda bermeditasi dengan baik. 

Lalu ada pertanyaan, "Badan saya fit, tidur saya cukup, dan posisi meditasi saya juga tidak membuat saya terlalu nyaman, namun mengapa saya tetap tertidur?"

Jawabannya adalah kesadaran. Ketika anda bisa menjaga kesadaran secara stabil saat bermeditasi, maka anda tidak akan tertidur. Tertidur bisa juga disebabkan karena kesadaran anda hilang, hanyut oleh permainan pikiran, dan menyebabkan anda tertidur. Maka bagi meditator pemula disarankan anda membuat jangkar saat gelombang otak anda terus menurun ketika bermeditasi. Jangkarnya adalah nafas. Ketika anda mulai terhanyut dan tertidur, kembalikan kesadaran dengan cara merasakan proses anda bernafas. Selain nafas, scanning bagian tubuh satu persatu juga akan mengembalikan kesadaran. Bisa juga menyadari suara, rasa, atau bau. Mendengarkan musik yang membuat anda nyaman mungkin bisa membantu. Sadari musik yang anda dengar.

Mengapa perlu jangkar?Salah satu alasannya karena ketika anda mengantuk, ada sesuatu yang anda pegang untuk memulihkan kesadaran. Namun memulihkan kesadaran BUKAN berarti menolak apapun yang datang di pikiran. Sadar berarti tahu dan memperhatikan. Hanya sekadar Tahu....

Terakhir, satu tips jika anda mengantuk saat bermeditasi, maka berlatihlah meditasi dengan mata terbuka. Latihan ini sangat bagus untuk berlatih mengenali kesadaran dan tentunya mencegah anda mengantuk. Buka mata dan sadari semua yang ditangkap panca indera anda. Syaratnya satu : jangan gunakan otak analitis anda untuk menganalisa data dari semua hal yang anda tangkap dengan panca indera. "Cukup tahu.... " itu saja...Selain itu anda juga bisa berlatih meditasi jalan setiap pagi. Caranya sama...Bedanya hanya meditasi dilakukan sambil berjalan. Sadari langkah demi langkah anda tanpa terdisktraksi pikiran yang akan membawa anda ke masa lalu atau masa depan. Saat saya berlatih meditasi di vihara Mendut, para Bikkhu vihara Mendut rutin melakukan meditasi jalan setiap pukul 03.30 pagi, sebelum nantinya melanjutkan dengan meditasi duduk. Meditasi berjalan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan anda, terutama orang tua atau anda yang memiliki hipertensi dan kelainan jantung..