Semua ingin Berbahagia

Semua orang ingin berbahagia. Adakah satu orang saja yang tidak ingin berbahagia?Masing masing kita pasti ingin berbahagia. Maka apapun tindakan seseorang adalah karena dilandasi ia ingin  berbahagia. Bahkan seorang penjahat pun ketika melakukan kejahatan, dilandasi karena ia ingin membahagiakan dirinya sendiri, atau keluarganya. Silakan di cek, adakah satu pun perbuatan manusia yang dilakukan bukan karena berlandaskan bahwa orang itu ingin berbahagia?

Maka ketika anda menyadari, apapun dilakukan orang lain kepada anda adalah sama dengan anda : karena ingin berbahagia. Namun ada yang caranya benar ada yang kurang tepat dalam tindakannya. Maka ketika dimanapun anda berada dan apapun polah tingkah orang lain yang anda anggap merugikan anda, ingatlah : orang itu sebenarnya hanya ingin berbahagia seperti anda, walaupun caranya salah. Beruntunglah anda yang sadar dan mengetahui.

Maka untuk berlatih, ada empat cara bermeditasi :

1. Sadari bahwa anda ingin berbahagia. Sadari apa yang membuat anda bahagia?

2. Sadari siapapun orang yang anda cintai. Sadari bahwa mereka ingin bahagia. Curahkan kasih sayang dan rasa bahagia anda kepada mereka yang anda cintai dan mencintai anda.

3. Sadari siapapun mereka yang anda benci dan pernah memiliki masalah dengan anda. Mereka dulu melakukan hal tersebut kepada anda, hanya karena ingin berbahagia.Maka curahkan cinta kasih dan berkahi kebahagiaan anda kepada mereka.

4. Sadari semua mahluk yang tidak pernah mengenal anda. Semua mahluk, bahkan seekor semut yang berbaris mengerumuni gelas bekas minuman kopi anda, melakukan semua karena ingin berbahagia. Maka curahkan cinta kasih anda kepada semua mahluk dan berkahi semua mahluk dengan kebahagiaan anda.

Setelah empat langkah tersebut, lalu anda bisa kembali membuka mata. Selamat, anda telah berlatih untuk mengatasi ego anda. Terus latih hingga ego anda bisa anda tekan sekecil kecilnya.