Kisah Zen : Menerima Kematian

Kematian seharusnya menjadi penerimaan yang damai, jalan masuk yang penuh kasih ke dalam yang tidak dikenal, selamat tinggal yang menyenangkan kepada teman-teman lama, kepada dunia lama. Seharusnya tidak ada tragedi apa pun di dalamnya.

Seorang Master Zen, Lin Chi, sedang sekarat. Ribuan muridnya telah berkumpul untuk mendengarkan khotbah terakhirnya, tetapi Lin Chi hanya berbaring - gembira, tersenyum, tetapi tidak mengucapkan sepatah kata pun.

Melihat bahwa dia akan mati dan dia tidak mengatakan sepatah kata pun, seseorang mengingatkan Lin Chi - seorang teman lama, seorang Master atas usahanya sendiri.... Dia bukan murid Lin Chi. Itulah mengapa dia bisa mengatakan kepadanya, "Lin Chi, apakah engkau lupa bahwa engkau harus mengatakan kata-kata terakhirmu? Aku telah selalu mengatakan ingatanmu tidak baik. Engkau sekarat ... apakah engkau sudah lupa?"

Lin Chi berkata, "Dengarkanlah saja." Dan di atas atap dua ekor tupai sedang berlari, berciut-ciut. Dan dia berkata, "Alangkah indahnya" dan dia mati.

Untuk sejenak, ketika dia berkata, "Dengarkanlah saja," ada keheningan mutlak. Semua orang mengira dia akan mengatakan sesuatu yang hebat, tetapi hanya dua ekor tupai yang berkelahi, berciut-ciut, berlari di atas atap .... Dan dia tersenyum dan dia mati.

Tetapi dia telah memberikan pesan terakhirnya: jangan membuat sesuatunya kecil dan besar, sepele dan penting. Semuanya penting. Pada momen ini, kematian Lin Chi sama pentingnya seperti dua ekor tupai yang sedang berlari di atas atap, tidak ada perbedaan. Dalam semesta itu semua sama. Itulah seluruh filsafatnya, seluruh ajaran hidupnya - bahwa tidak ada yang besar dan tidak ada yang kecil; itu semua tergantung padamu, apa yang engkau buat darinya.

"Kematian seperti daun kering yang jatuh dari dahannya... Semua biasa saja... " (YM Dalai Lama)