Pengemudi Perahu

Cobalah angkat satu gelas berisi air. Pertanyaannya berapa berat gelas tersebut? 1 ons? 3 ons?  5 ons? Atau 1 kilogram?

Permasalahannya adalah bukan pada berapa berat gelas itu ketika Anda angkat, namun seberapa lama anda mengangkatnya? Berat gelas selalu sama, namun semakin lama anda mengangkatnya, gelas itu akan semakin berat.

Begitulah beban pikiran manusia. Pertanyaannya, apakah alam semesta bermasalah kepada anda? Apakah kehidupan memberikan beban kepada anda?Bukan... Anda dan pikiran anda sendiri yang menaruh beban dalam kehidupan anda. Alam semesta selalu netral apa adanya. Yang bermasalah adalah anda dan pikiran anda yang selalu menganalisa apapun, sehingga menimbulkan aneka ragam prasangka atau dugaan yang anda tahu belum tentu benar, namun anda takut jika jangan-jangan benar. Lalu apa masalahnya jika benar? Anda takut atau tidak suka menghadapi cercaan ego ketika sesuatu tidak sesuai dengan keinginan anda?

Takut, berani, suka, dan tidak suka adalah produk pikiran yang bernama ego. Ego cenderung mendorong anda untuk melakukan sesuatu yang aman demi kelangsungan hidup anda. Aman dalam hal ini adalah protektif. Protektif bisa bagus, bisa buruk. Bagus ketika Anda dalam keadaan terancam, dan bisa buruk ketika setiap saat anda selalu protektif. Ketika Anda terus menerus berpikir, maka anda akan terus menerus menghasilkan sesuatu yang protektif. Hal ini membuat anda tidak memiliki kemauan untuk mengubah sesuatu dalam hidup anda. Semua berawal dari pikiran anda yang terus bekerja. Anda terus menganalisa ini itu, menakuti ini itu, mengkhawatirkan ini itu, dan membuat energi anda habis untuk berpikir. Alam semesta dan kehidupan selalu netral apa adanya, ada atau tidaknya anda di planet Bumi ini. Pernah atau tidaknya anda dilahirkan, alam semesta akan terus berjalan seperti ini, apa adanya. Jadi jangan ge-er merasa diri anda penting di alam semesta yang terus mengalirkan kehidupan ini. Yang bisa anda ubah adalah pola pandang anda terhadap alam semesta dan kehidupan. Awali semua dengan menempatkan pikiran pada tempat dan waktunya untuk digunakan.

Berlatih meditasi adalah berlatih untuk meletakkan beban anda : pikiran. Meditasi melatih anda untuk menggunakan pikiran pada tempatnya dan pada waktunya. Tidak perlu setiap detik anda berpikir. Saya pernah menulis jika otak memerlukan konsumsi 25 persen dari 100 persen energi anda, itu ketika anda tidur. Artinya perlu 25 persen energi hanya untuk agar otak anda terus aktif tanpa berpikir ketika tidur. Ketika anda dalam keadaan bangun dan berpikir, otak anda akan menyedot lebih banyak energi tubuh anda yang harusnya anda gunakan untuk imunitas atau data cipta masa depan anda. Semakin anda meletakkan gelas tadi, maka beban anda akan semakin ringan, bahkan tidak ada lagi beban yang membuat langkah anda sangat berat untuk menjalani kehidupan anda.

Kita hanya seorang pengemudi perahu di sebuah sungai yang deras mengalir. Tubuh anda adalah perahunya.. Kemana tubuh anda bergerak, semua tergantung anda... Pertanyaannya siapa anda si pengemudi perahu?? Apakah bergeraknya perahu mengikuti si pengemudi atau si pengemudi mengikuti gerak perahu? Yang jelas, pengemudi perahu harus sadar ia sedang mengemudikan perahu yang mengalir di derasnya arus sungai yang tidak mungkin ia ubah dan kendalikan. Yang bisa anda ubah adalah arah perahu anda...