PIKIRAN ATAU PERHATIAN?

Pikiran dan perhatian tidaklah sama. Banyak yang mengira perhatian berasal dari pikiran. Pikiran adalah kinerja otak dalam menganalisa data dari luar yang ditangkap panca indera. Sementara itu perhatian berada pada ranah kesadaran. Anda tidak akan memusatkan perhatian jika pikiran masih menguasai. Untuk bisa fokus, diamkan dulu pikiran anda.


Karena tidak bisa membedakan, akibatnya banyak orang yang gagal bermeditasi. Banyak yang mengira sedang fokus kepada keluar masuk nafas, padahal sebenarnya ia sedang tidak fokus. Pikiran terus menganalisa dengan pertanyaan pertanyaan ketika "fokus" pada nafas. Akibatnya kebebasannya justru terbatasi oleh apa yang ia sebut sebagai "fokus".Dampaknya ia akan menolak segala macam hal yang tidak terkait dengan nafas.

Berbeda dengan memperhatikan. Memperhatikan hanya bisa dilakukan ketika pikiran diam. Memperhatikan dilakukan dengan kesadaran, bukan sebaliknyasebaliknya, artinya fokus tidak menjadikan sadar. Sadar baru anda bisa fokus. Kerena ketika anda dalam mode kesadaran, tidak ada pikiran yang menghalangi. Anda bisa memberikan perhatian atau fokus pada apapun tanpa teralihkan oleh pikiran.